*****WELCOME TO MY BLOG******

Senin, 13 Desember 2010

Penduduk,Masyarakat dan Kebudayaan

Didalam pembahasan ini kita akan membahas tentang banyak sekali kenyataan yang diwujudkan oleh pertumbuhan penduduk yang cepat , pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap perkembangan sosial , dan mengkaji hubungan antar masalah penduduk dengan perkembangan kebudayaan .

Penduduk adalah orang yang tinggal didaerah tersebut atau orang yang secara hukum di sah kan oleh negara . Atau dalam sosiologi penduduk di artikan sebagai kumpulan manusia yang menempatkan wilayah geografi dan ruang tertentu .

Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup , dimana sebagian besar interksi adalah antara individu² yang berada dalam kelompok .
Kebudayaan adalah suatu hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia berhubungan dengan masyarakat .

Didalam kehidupan masyarakat masalah kependudukan dipelajari dalam ilmu demografi . Demografi adalah ilmu yang memperlajari tentang dinamika kependudukan . Meliputi ukuran , struktur dan distribusi penduduk dan bagaimana tiap harinya jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat dari kelahiran , kematian , migrasi , serta penuaan . Analisisnya berdasarkan kriteria pendidikan , kewarganegaraan , agama atau etnisitas .

Faktor pertambahan penduduk pada dasarnya dipengaruhi oleh 3 faktor-faktor demografi sebagai berikut :
1 . Kematian (mortalitas)
2.Kelahiran (natalitas)
3.Migrasi (mobilitas)

Di dalam konsep menghitung jumlah penduduk memiliki masing ² konsep perhitungan yaitu dimulai dari : .....

1 . menghitung angka kematian
Kematian adalah hilangnya tanda - tanda kehidupan manusia secara permanen .
Konsep dasarnya angka kematian dibagi menjadi 2 yaitu : angka kematian kasar dan angka kematian khusus

• Angka kematian kasar : angka kematian yang dihitung terjadi pada suatu tahun tertentu untuk setiap 1000 penduduk . Angka kematian ini di sebuat angka kematian kasar karena tidak memperthitungkan umur penduduk (tua ataupun muda) .

Rumusnya adalah

CDR = D/P x K

CDR = angka kematian kasar (crude death rate)
D = jumlah kematian dalam waktu tertentu
P = jumlah penduduk pada pertengahan tahun tertentu
K = bilangan konstan 1000

• Angka kematian spesifik / khusus
Angka kematian ini lebih spesifik misalnya angka kematian menurut umur

Rumusnya : ( total kematian anak < 8 th dalam 1 thn / jumlah populasi anak < 8 th pada pertengahan tahun) x 1000

2. Kelahiran
Sifatnya menambah jumlah penduduk . Sekarang ini indonesia menduduki peringkat ke 4 penduduk terbanyak di dunia , yang menjadi penyebabnya adalah kini banyak yang menikah muda karena banyak anggapan bila terlambat menikah keluarga akan malu , anak di anggap sebagai sumber tenaga keluarga untuk membantu orang tua , anggapan bahwa anak banyak sebagai pembaw rezeki yang banyak pula . Padahal apabila kita liat kenyataannya banyak anak-anak harus putus sekolah dan bekerja bukan pada waktu usianya dikarenakan orang tua tidak mampu untuk membiayai kebutuhannya .

Ada 2 cara penghitungan jumlah kelahiran :
• Angka kelahiran kasar (crude birth rate)
Penghitungan yg digunakan tidak memperhatikan jenis kelamin dan umur penduduk padahal yang dapat melahirkan hanyalah penduduk wanita .

• Angka kelahiran menurut umur ( age spesific fertility rate )
Perhitungan yang digunakan menghitung dengan kelompok umur yang paling banyak terjadi kelahiran .

3 . Migrasi
Migrasi adalah perpidahan penduduk dari suatu tempat ketempat yang lain .
Migrasi tebagi menjadi 2 :
• Migrasi internasional adalah perpindahan penduduk yang melewati batas suatu negara
• Migrasi intern adalah migrasi yang terjadi dalam suatu negara . Yang terdiri dari :
1. Migrasi sirkuler yaitu perpindahan penduduk sementara karena mendekati tempat pekerjaan
2. Komuter / ngelaju yaitu pergi ketempat atau kota lain di pagi hari dan pulang di sore hari ataupun malam
3. Urbanisasi yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan maksud untuk mencari nafkah

Seperti yang kita ketahui di indonesia ini banyak masyarakat desa yang datang ke kota jakarta karena menurut mereka jakarta mempunyai kehidupan kota yang dinamis , fasilitas yang lebih baik daripada di desa , dan lapang pekerjaan lebih luas daripada di desa .
Tetapi urbanisasi memiliki dampak yang sangat besar . Seperti yang kita sering lihat di perkotaan meningkatnya jumlah pengangguran , banyak terdapat gubuk liar , meningkatnya kriminalitas . dampak di desa seperti desa tidak berkembang , tanah yang mereka tinggalkan tidak dipergunakan dengan baik , hasil pertanian dan kekayaan dijual untuk pergi ke kota , dan hilangnya tenaga kerja muda di desa .

Ada 3 jenis struktur penduduk
Komposisi penduduk berdasarkan kriteria tertentu untuk tujuan pengelompokan . Contohnya berdasarkan jenis kelamin , umur , agama , bahasa , pekerjaan , pendidikan , tempat tinggal , dan lain lain . Komposisi sangat penting dalam pengambilan kebijaksanaan dalam suatu negara . Hal tersebut di pengaruhi oleh 3 variabel demografi yaitu kelahiran , kematian , dan migrasi . Faktor ekonomi dan sosial dalam suatu wilayah juga mempengaruhi struktur umur wilayah .

Jenis piramida terbagi menjadi 3 yaitu piramida penduduk muda (ekspansive) , piramida penduduk stasioner , dan piramida penduduk tua (konstruktif).

Pertama akan dibahas tentang :
1. Piramida penduduk muda ( expansive )
Suatu wilayah yang memiliki angka kelahiran yang tinggi dan angka kematian yang rendah sehingga daerah ini mengalami pertumbuhan penduduk yang sangat cepat . Piramida ini dicirikan sebagai besar penduduk masuk dalam kelompok umur muda seperti negara berkembang misalnya indonesia , malaysia , filipina , india .
2. Piramida penduduk stasioner
Suatu wilayah memiliki angka kelahiran dan kematian yang sama rendah ( seimbang ) contohnya negara eropa barat .
3. Piramida penduduk tua ( constructive )
Suatu wilayah yang memiliki angka kelahiran yang menurun dengan cepat dan kematian yg rendah . Biasanya terjadi pada negara maju , amerika serikat .

Tahun 2000 penduduk usia kerja di indonesia masih di bebani tanggung jawab akan penduduk muda yg porsinya lebih banyak di bandingkan tanggung jawab terhadap penduduk tua

Rasio ketergantungan adalah perbandingan antara jumlah penduduk berumur 0- 14 thn , ditambah dengan jumlah penduduk 65 tahun keatas di bandingkan dengan jumlah penduduk usia 15-64 tahun . Rasio ketergantungan dapat dilihat menurut usia yaitu rasio ketergantungan muda dan Rasio ketergantungan tua .
rasio ketergantungan muda adalah perbandingan antara jumlah penduduk berumur 0- 14 thn , ditambah dengan jumlah penduduk 15-65 tahun .
Rasio ketergantungan tua perbandingan jumlah penduduk umur 65 tahun ke atas dengan jumlah penduduk di usia 15-64 tahun .

Saat sensus tahun 1971 rasio ketergantungan total adalah sebesar 86per 100 penduduk usia kerja kemudian menurun secara pasti sampai tahun 2000 . penurun terjadi karena penurunan tingkat kelahiran sebagai dampak dari keberhasilan program keluarga berencana selama 30 tahun terakhir .


kebudayaan indonesia bisa di artikan seluruh ciri khas suatu daerah yang ada sebelum terbentuknya nasional Indonesia, yang termasuk kebudayaan Indonesia itu adalah seluruh kebudayaan lokal dari seluruh ragam suku-suku di Indonesia.
Kebudayaan Indonesia walau beraneka ragam, namun pada dasarnya terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan besar lainnya seperti kebudayaan Tionghoa, kebudayaan India dan kebudayaan Arab.


indonesia adalah negara yang sangat strategis yaitu terletak antara dua benua dan dua samudra . awalnya abad masehi jalur perdagangan tidak lagi melewati jalur darat melainkan jalur laut akibat dari hubungan dagang tersebut makalah terjadi hubungan antara bangsa indonesia dengan pedagang yang masuk ke indonesia . maka saat itulah budaya hindu masuk ke indonesia . terdapat 3 pendapat yaitu
1 . hipotesa ksatria
2. hipotesa waisya
3. hipotesa bahrama
pada dasarnya ketiga teori tersebut memiliki kelemahan karena mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing .
proses pertama budaya budha masuk di bawa oleh pendeta budha atau para biksu , kemudian penyebarannya di lakukan oleh kaum brahmana .
sedangkan agama islam masuk ke indonesia dan siarkan pertama kali oleh para wali , yang sekarang kita kenal sebagai wali songo .
saat ini banyak masyarakat indonesia yang meniru gaya ataupun budaya barat . ada dampak positif dan negatifnya , tetapi lebih terlihat masyarakat indonesia tidak memperhatikan keadaan ataupun lingkungan sekitarnya , seperti menggunakan busana-busana mini di tempat yang tidak sepantasnya dan masih banyak lagi lainnya .


0 komentar:

Posting Komentar