*****WELCOME TO MY BLOG******

Senin, 13 Desember 2010

ISD sebagai salah satu MKDU

ISD adalah singkatan dari Ilmu Sosial Dasar . Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang memahami lebih mendalam tentang masalah sosial (fakta , konsep , teori) yang di terapkan dan di wujudkan oleh masyarakat indonesia dengan pengertian yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan dan keahlian dalam lingkup ilmu sosial .

Tujuan ISD itu sendiri adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan profesionalisme nilai dan sikap yang mendorong mahasiswa berperan aktif dalam semua proses dalam bidang-bidang tertentu juga memiliki etos kerja yang baik dan disiplin serta produktif ikut berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi .Memiliki kemampuan akademis untuk mengembangkan ilmu pengetahuan . memiliki kemampuan personal yang bagus . Selain itu ISD sebagai sarana pembinaan mahasiswa agar sadar atau peka adanya kenyataan dan masalah yang terjadi di lingkungannya atau dalam hidup bermasyarakat dan juga tanggap untuk ikut serta menangulanginya .
ISD merupakan ilmu pengetahuan yang menurut Soerjono Soekamto adalah kumpulan pengetahuan yang tersusun dengan sistematis dengan menggunakan logika , sehingga pengetahuannya akan selalu dapat di periksa dan di uji secara kritis oleh orang lain .

Ilmu pengetahuan di kelompokan menjadi 3 besar , seperti :
1. natural science / ilmu-ilmu alamiah adalah ilmu yang bertujuan untuk mengetahui keteraturan yang ada atau terdapat di alam semesta . contohnya bagaimana tentang terjadinya hujan kemudian dianalisis dan digeneralisasikan kemudian di simpulkan dan di buat prediksinya .
2. sosial science / ilmu-ilmu sosial adalah ilmu yang bertujuan untuk mengetahui yang ada dalam hubungan manusia . contohnya sejarah manusia yang hidup pertama kali untuk kajiannya di ambil dari ilmu-ilmu alamiah . tapi hasil penelitian tidak 100 % benar . hanya mendekati kebenaran karena dalam hubungan anatar manusia tidak dapat berubah .
3. the humanitie / pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti dari kenyataan - kenyataan yang bersifat manusiawi . metode kajian yang di gunakan adalah pengungkapan peristiwa dan kenyataan yang sifatnya unik .

Di dalam kehidupan sehari-hari masalah sosial merupakan hal yang sering kita jumpai dan menjadi masalah walaupun hal seperti ini mungkin saja tidak berarti tapi paling tidak kita dapat menetralisirkan . maka dari itu kita di perkenalkan dengan ISD (Ilmu Sosial Dasar) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Dasar) . Di kedua kata itu memiliki perbedaan dan persamaan . perbedaannya ISD diberikan pada saat jenjang perguruan tinggi , ada pada satu mata kuliah tunggal , dan di arahkan untuk membentuk suatu kepribadian . Sedangkan IPS diberikan pada jenjang SD dan sekolah kejuruan , kelompok dari sejumlah mata pelajaran untuk sekolah lanjutan dan di arahkan untuk pembentukan dan pengetahuan keterampilan yang intelektual . persamaannya adalahnya kedua-duanya merupakan bahan pendidikan dan punya materi yang berasal dari kenyataan sosial yang terjadi .

ISD terdiri dari masalah-masalah sosial yang di golongkan menjadi 3 , yaitu :
*kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat
*pengertian pemehaman dari masalah sosial
*kaitan antara masalah sosial yang timbul dalam berbagai kenyataan di masyarakat
Perkembangan ISD banyak berkonsen pada urusan masalah sosial . Masalah sosial sering timbul di masyarakat karena terjadi perbedaan yang mencolok antara nilai di dalam masyarakat dengan kenyataan yang terjadi . Contohnya kemiskinan , kejahatan , anti perilaku sosial , penyalahgunaan obat (narkoba) , penyalahgunaan alkohol (miras) , pengangguran dan masih banyak lagi yang sering terjadi hampir di seluruh dunia .


0 komentar:

Posting Komentar